E-commerce

Dengan keyword E-commerce saya menemukan paper berjudul "The determinants of conversion rates in SME e-commerce websites"Paper ini dapat diunduh disini.

Semakin banyak perusahaan di sektor ritel yang telah mengembangkan saluran digital untuk mendukung strategi penjualan dan pemasaran, seperti melalui website. Namun website ritel ini membutuhkan investasi sumber daya yang signifikan, yaitu untuk meningkatkan fungsionalitas, jumlah pengunjung dan mengubah lebih banyak kunjungan semacam itu menjadi pembelian. 

Bagi UKM yang biasanya memiliki sumber daya dan keahlian yang terbatas, kegiatan ini harus dilakukan dengan efisiensi dan efektivitas biaya yang cukup besar. Sehingga untuk menghindari biaya investasi ini UKM sering beralih ke peluang yang ditawarkan oleh portal e-commerce seperti Amazon, Zalando atau eBay. Platform semacam itu menempatkan UKM berhubungan dengan lebih banyak pelanggan namun apakah manfaatnya lebih besar daripada biaya adalah titik yang diperdebatkan. Kekurangan menggunakan platform pihak ketiga ini antara lain perusahaan akan menemukan diri mereka berada dalam lingkungan yang sangat kompetitif dan transparan, serta platform akan mengendalikan data pelanggan sehingga menyulitkan usaha kecil untuk menciptakan loyalitas konsumen. 

Website ritel menginvestasikan sumber daya yang signifikan untuk meningkatkan proporsi pengunjung situs web yang melakukan pembelian, juga dikenal sebagai tingkat konversi. Meningkatkan tingkat ini sangat penting bagi UKM yang secara tradisional tertinggal di belakang perusahaan besar karena mereka merasa kesulitan terhadap masalah investasi yang besar dalam pengembangan situs web ditambah tingkat pengembalian saluran penjualan online yang rendah. 

Sehingga penelitian ini menyelidiki bagaimana situs web e-commerce dapat secara positif mempengaruhi tingkat konversi melalui pengelolaan dua dimensi, faktor kualitas dan faktor promosional.

Faktor kualitas mengacu pada fitur teknis dari situs web, (seperti kecepatan) dan fitur komersial produk (khususnya apakah produk yang dijual diberi merek). Faktor promosi terkait dengan tindakan yang dilakukan pada periode tertentu (pengiriman gratis, pengembalian kembali, kebijakan diskon dan musiman).

Hasil ini membantu menginformasikan dan memberi petunjuk kepada para pengelola situs web e-commerce UKM mengenai ciri-ciri khas yang berkontribusi terhadap tingkat konversi yang lebih baik , yang secara positif mempengaruhi pendapatan dan memberikan hasil investasi yang lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

About Author

Enterprise Resource Planning (ERP)