Knowledge Management in Service Industry

Dengan keyword Knowledge Management in Service Industry saya menemukan paper berjudul "Knowledge management practices in healthcare services". Paper tersebut dapat diunduh disini

Sektor kesehatan Finlandia sedang menghadapi tantangan yang kompleks seperti meningkatnya jumlah lansia dan tekanan untuk menurunkan biaya layanan. Maka, akan membentuk tuntutan akan peningkatan kinerja layanan kesehatan. Hal ini memerlukan pemanfaatan sumber pengetahuan yang efisien dan knowledge sharing yang aktif. 

Jenis knowledge baru diperlukan karena pekerja disektor kesehatan berperan sebagai manajer sekaligus ahli medis. Diperlukan proses dan knowledge sharing yang lancar dan jelas agar memungkinkan dan mendukung pengambilan keputusan dengan interaksi antara aktor yang berbeda dalam jaringan layanan kesehatan. 

Realitanya, walaupun organisasi kesehatan telah mencatat sejumlah besar data operasional mereka, mereka tidak memiliki sarana untuk menganalisis dan memprosesnya sehingga tidak dapat mengelola dan mengembangkan fungsinya. Literatur menekankan perlunya inisiatif knowledge management yang komprehensif, bukan hanya sekedar transfer informasi. Maka masih ada celah penelitian mengenai proses pengambilan keputusan antar organisasi dalam konteks kesehatan. 

Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman tentang peran informasi dan pengetahuan dalam proses pelayanan kesehatan dan dengan demikian menciptakan dasar untuk praktik yang akan lebih mendukung penyediaan layanan aktual. Yang dilakukan adalah dengan memodelkan dan menganalisis proses pelayanan dari dua pengaturan kasus: unit laboratorium dan radiologi sistem perawatan kesehatan daerah Finlandia.

Penelitian ini menggunakan Use Case yang selanjutnya dikategorikan ke dalam 4 kategori berdasarkan lokasi pemicu kasus (aktor yang bertanggung jawab) dan jangka waktu yang tersedia untuk merencanakan dan mempersiapkan kegiatan yang dipersyaratkan. Dan ditemukan bahwa masalah utama semua Use Case adalah knowledge sharing lintas fungsional, yaitu:
  • Sistem informasi tidak mendukung kerja sama antara tim lintas fungsi atau antar pelaku jaringan layanan kesehatan.
  • Sistem informasi yang ada hanya memungkinkan pertukaran informasi standar dan sangat formal (yaitu informasi yang tepat seperti teks pendek standar, statistik dan jumlah nilai menggunakan bidang data dan formulir yang telah terformat).
Maka kebaharuan yang diberikan oleh penelitian ini adalah membahas manajemen informasi kesehatan dari sudut pandang wacana manajemen pengetahuan dan menyoroti pentingnya penciptaan nilai berdasarkan pengetahuan (KBVC). Pendekatan ini menganalisis dasar pengetahuan berbasis layanan kesehatan dan diharapkan dari analisis ini dapat membantu menguraikan praktik process knowledge dari organisasi layanan kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

About Author

Enterprise Resource Planning (ERP)

E-commerce