Enterprise Resource Planning (ERP)

Dengan keyword Enterprise Resource Planning (ERP) saya menemukan paper yang berjudul "A Study on The Effect of Enterprise Resource Planning (ERP) on Internal Process of an Organisation". Paper ini dapat diunduh disini.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah paket sistem informasi yang dapat dikonfigurasi dan mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis atau semua data perusahaan, dan memberikan informasi berdasarkan data ini secara real-time. Tujuan dari sistem ERP adalah untuk mengintegrasikan dan mengelola proses bisnis dan arus informasi dengan lancar dalam suatu perusahaan.

ERP berisi modul perangkat lunak yang dapat dipilih untuk menangani berbagai aktivitas operasional di perusahaan, seperti akuntansi dan keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, penjualan, dan distribusi. 

Penelitian ini berfokus pada pemahaman pengaruh ERP terhadap proses internal suatu organisasi. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang bekerja di organisasi yang menggunakan sistem ERP. Kuesioner yang diadopsi dalam penelitian ini terdiri dari 40 variabel independen untuk mengumpulkan tanggapan terkait proses internal organisasi. Kemudian dikelompokkan lebih lanjut dalam 7 kelompok (Time Consumption, Information Accessibility, Error Handling, Organisational Effectiveness, User-Interface, Security and Control, and Task Management). 

Studi ini menemukan bahwa ERP tidak menunjukkan efek yang cukup besar pada proses internal sebuah organisasi setelah instalasi ERP. Penelitian ini juga menemukan bahwa sebagian besar parameter pengukuran proses internal suatu organisasi yaitu Time Consumption, Information Accessibility, Organizational Effectiveness, Security and Control, dan Task Management sangat dipengaruhi oleh penggunaan sistem ERP sedangkan parameter seperti Error Handling dan User Interface adalah tidak terpengaruh setelah implementasi ERP.

Comments

Popular posts from this blog

About Author

E-commerce